Serangkaian LPJ Menuju Pemilu Raya

Serangkaian LPJ Menuju Pemilu Raya

JEMBER, (08/03) Ada yang menarik di ruang multimedia Fakultas Ekonomi pada Senin, 3 Maret 2014. Tiga organisasi mahasiswa melaksanakan LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) secara berurutan dimulai HMJ-IESP (Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan), HMJ-M (Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen), dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dalam tempo waktu satu hari pukul 08.30-20.00. Terselenggaranya LPJ secara berurutan dalam satu hari merupakan salah satu dari serangkaian program yang diselenggarakan oleh KPUM (Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa) yang nantinya diakhiri oleh pemilu raya atau pemilihan ketua BEM yang baru.
KPUM sendiri merupakan kepanitiaan yang dibentuk oleh DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) dan memiliki kewenangan menyelenggarakan pemilu raya. “KPUM ini dibentuk oleh DPM guna menyelenggarakan pemilu raya. Pembentukkannya melaluiopen recruitmen, dan dana yang digunakan dalam serangkaian kegiatannya bersumber dari kas DPM.“ ujar Yohana selaku Ketua DPM.
Pelaksanaan LPJ ini nampak terburu-buru karena pelaksanaannya yang mendekati dengan pemilu raya tanggal 17 Maret 2014. “Alasannya karena waktunya yang terlalu mepet dengan persiapan pemilu raya. Dengan jangka waktu satu hari itu saja saya rasa sudah cukupbuat LPJ.“ tutur Asmoli selaku Ketua KPUM saat diwawancara.
Pengurus dan juga mahasiswa yang hadir dalam LPJ HMJ-IESP berkisar 20 orang. LPJ tetap dilaksanakan meskipun mahasiswa yang hadir dalam forum sedikit. LPJ HMJ-IESP dinyatakan ditolak setelah melewati forum sidang selama 3 jam.
Acara dilanjutkan pada pukul 13.30 dengan laporan pertanggungjawaban dari HMJ-M yang dihadiri oleh 7 pengurus dan 38 mahasiswa Manajemen sebagai peserta forum. Suasana mulai memanas ketika tidak dibacakannyadrafttata tertib dalam sidang serta pembelaan dan rasionalisasi dari pengurus HMJ-M yang kurang bisa diterima oleh peserta sidang. Setelah 2 jam berselang, Ketua BEM menyatakan untuk menerima laporan pertanggungjawaban dari HMJ-M. “Fenomena HMJ Manajemen naik turun, dan tanggungjawab serta loyalitas masih sangat tinggi. Sedangkan di internal dan eksternal masih banyak masalah. Dan menindaki hal tersebut, LPJ HMJ Manajemen diterima.” ujar Nur Khisom Riza selaku ketua BEM.
Acara tak berakhir disini, masih ada satu agenda terakhir untuk satu hari itu yaitu LPJ BEM. LPJ ini dihadiri oleh 19 anggota MPM yang merupakan delegasi dari berbagai UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di Fakultas Ekonomi. LPJ BEM dimulai pada pukul 16.00 dan diakhiri pada pukul 20.00 dengan hasil LPJ BEM ditolak.
Dengan berakhirnya laporan pertanggungjawaban dari ketiga organisasi mahasiswa tersebut, maka berakhir pula agenda tertanggal 3 Maret 2014. Belum ada kepastian bagaimana tindak lanjut yang akan dilakukan terkait laporan pertanggungjawaban dari HMJ-IESP dan BEM yang ditolak.

Redaksi ECPOSE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *