Dialog Advokasi Buruh

Dialog Advokasi Buruh

JEMBER (19/5) Lembaga Pers Mahasiswa FISIP UJ yakni LPM Prima mengadakan serangkaian acara dalam Prima Expo and Week of Labour Advocation pada tanggal 19-22 Mei 2014 di Gedung PKM Universitas Jember. Salah satu acaranya yakni Dialog Publik. Acara berlangsung dengan mengusung tema “Reposisi Pribadi Merdeka Buruh”.
Dialog Publik yang diselenggarakan menghadirkan 3 pembicara yaitu Hery Prasetyo selaku Dosen Sosiologi FISIP, Jamrozi selaku perwakilan dari Disnaker dan Arie Widhi Saputro selaku perwakilan Buruh MWPRI (Mitra Wanita Pekerja Rumahan Indonesia). Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) se-Jember dan juga Serikat Buruh turut aktif dalam Dialog Publik tersebut.
“Pada hakikatnya, buruh lebih tinggi daripada pekerja. Dimana, tidak ada namanya lebah buruh, yang ada yaitu lebah pekerja.” ujar Arie membuka dialog pembicaraan. Hery menambahkan bahwasanya negara berada dalam dua sisi saat ini yaitu membolehkan investor masuk dan juga memperjuangkan kepentingan buruh.
Dalam Dialog Publik tersebut juga membicarakan mengenai nasib buruh dan adanya serikat buruh yang ada di Indonesia seperti SPSI, Produktiva dan lainnya. Perbedaannya dengan negara luar seperti Amerika Serikat yaitu adanya serikat buruh yang masuk di parlemen dan juga jaringan kerja yang kuat.
Acara diakhiri dengan kesimpulan yang dibacakan oleh Billy selaku moderator dan pemberian cinderamata kepada pembicara. Selanjutnya peserta dipersilakan menikmati “Book Fair” yang ada. [Res,Adi]

Redaksi ECPOSE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *