Mengenal Sosok Sroedji “Pahlawan Terlupakan” Lewat Pentas Seni

Mengenal Sosok Sroedji “Pahlawan Terlupakan” Lewat Pentas Seni

Anggota muda angkatan 18 UKM Kurusetra mengadakan pementasan seni “Jasmerahnya Sroedji“ pada Jumat (3/6) pukul 19.00 WIB di lapangan Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Pementasan ini mengangkat tema kepahlawanan, mengambil salah satu sosok pahlawan dari Jember yaitu Sroedji. Pemilihan tema datang dari keprihatinan panitia kepada masyarakat Jember mengenai minimnya pengetahuan masyarakat tentang Sroedji. “…mengangkat tema kepahlawanan yaitu sosok Sroedji dimana orang Jember sendiri banyak yang tidak tahu siapa dia..” ucap Hilman, ketua panitia.

Pentas seni yang diselenggarakan UKM Kurusetra disebut Aplikasi  merupakan tahap akhir dari open recruitment, sebanyak 34 anggota baru angkatan 18 ikut berperan dalam pementasan seni malam itu. Acara yang di hadiri oleh Pembantu Dekan III Fakultas Ekonomi dan mahasiswa berlagsung meriah. “Acara ini semarak banget, konsepnya juga bagus meskipun acara ini yang buat angkatan 2015..” ucap Oza, mahasiswa FE angkatan 2014. Dibuka dengan instrumental musik etnik madura menceritakan lahirnya sang pahlawan “Sroedji” , dilanjutkan musik perkusi dengan alat tukang, tarian kontemporer tarian, band, dance bertema tentara, kemudian teater yang mengisahkan Sroedji hingga gugur, dan diakhiri dengan musikalisasi puisi serta seni lukis. “Pentas seni ini ceritanya mengalur dari awal pembukaan hingga akhir menceritakan awal mula Soerdji lahir hingga gugur di medan perang…” jelas Hilman.

“Setelah apa yang kami tampilkan semoga bisa menjadi penggerak bagi masyarakat jember untuk bisa lebih mengenal jasa-jasa pahlawannya.” tutur Hilman diakhir wawancara. Pukul 22.30 WIB pementasan seni ditutup dengan door prize dan apresiasi dari teman-teman Kurusetra angkatan lama kepada angkatan baru 18.

Putu Ayu D

One thought on “Mengenal Sosok Sroedji “Pahlawan Terlupakan” Lewat Pentas Seni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *