KRS Berubah (lagi)

KRS Berubah (lagi)

Kartu Rencana Studi (KRS), topik yang selalu diperbincangkan sebelum perkuliahan aktif. Kegiatan yang setiap pergantian semester istiqomah dilakukan oleh mahasiswa, lengkap dengan permasalahannya. Mulai dari jadwal yang belum kunjung buka, jadwal yang tak kunjung di tambah, sampai jadwal yang sudah dibuka namun hari, jam, dan tanggalnya bersamaan dengan jadwal lainnya. Alih-alih permasalahan itu berhasil teratasi dan disetujui Dosen Pembimbing Akademik (DPA), tapi ternyata setelah persetujuan pun permasalahan baru bisa muncul lagi.

1 September 2016, tanggal yang telah ditetapkan bagian Akademik Universitas Jember menjadi hari pertama masuk kuliah. Namun, bukan langsung menuju ruang kelas yang sudah ditetapkan saat KRSan, sebagian mahasiswa Fakultan Ekonomi dan Bisnis (FEB) justru menuju operator jurusannya masing-masing untuk mempertanyakan jadwalnya lagi. “Selama saya kuliah baru kali ini carut marutnya sister, mending gak usah KRSan aja biar diatur sama jurusan, percuma ada KRSan soalnya”, ungkap Deny Prasetio mahasiswa S1 Akuntansi 2012. Bukan hanya dialami mahasiswa Akuntansi, pun mahasiswa jurusan lain. “Jadwal saya dulu juga pernah berubah tiba-tiba gini, saya dan teman-teman jadi bingung. Padalah sudah enak jadwalnya malah diganti, mau diganti lagi udah gak bisa katanya, ya mending gak KRSan”, keluh Nafisatul Khasanah mahasiswa D3 Manajemen Perusahaan 2014. Pernyataan ini dipertegas oleh petugas operator jurusan D3 Akuntansi, bahwa perubahan secara tiba-tiba di alami oleh semua jurusan. Tidak terkecuali mahasiswa baru FEB, “iya jadwalku yang tadinya sehari 2 matakuliah jadi 3 sekarang, punya teman-teman juga gitu, tapi udah bilang ke akademik dan katanya sih mau dirubah”, kata Ananda Septa salah satu mahasiswa baru 2016.

“Iya, barusan saya juga masih ngurusi KRSnya 9 anak bimbingan saya, berubah-ubah juga, tapi saya bisa langsung membenahi dengan membatalkan kemudian memilih kelas lagi”, kata Fathurrazi selaku DPA. Sugianto selaku ketua bagian Akademik menjelaskan ketika ditemui, bahwa web yang digunakan untuk pemograman KRS mengalami error, sehingga perubahan jadwal secara tiba-tiba bisa terjadi.” Kemarin hari terahir pemograman, tapi karena kondisinya seperti ini dan masih dibenahi oleh bagian akademik, jadi waktunya diundur lagi, suratnya aja yang belum keluar”, tambahnya.

 

 

 

Nayla Rizqi K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *