Expo Sebagai Wadah Berwirausaha

Expo Sebagai Wadah Berwirausaha

Sejak pagi kesibukan di double way sudah terasa di salah satu badan jalannya, yang dimanfaatkan oleh teman-teman KSKM (Kelompok Studi Kewirausahaan Muda). Panitia sibuk menyiapkan seluruh tetek bengek untuk keperluan acara. Di sisi lain, stand-stand sudah berjajar rapi menunggu si pemilik untuk memamerkan produk-produknya. Mohammad El Zaki selaku ketua panitia kegiatan Expo, menyatakan salah satu tujuan acara yaitu sebagai usaha untuk menarik minat mahasiswa fakultas lain dalam membentuk kelompok berwirausaha. “Sementara di UNEJ sendiri ada 4 (Red: kewirausahaan) yang sudah terbentuk dari FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), FTP (Fakultas Teknologi Pertanian), FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya), dan FAPERTA (Fakultas Pertanian), diharapkan muncul kewirausahaan yang lain”, katanya. Pada acara ini diharapkan partisipasi dari mahasiswa ataupun masyarakat umum dalam bentuk kegiatan entrepreneur, “sebagai wadah juga buat masyarakat umum untuk berpartisipasi, sekalian meningkatkan ukm-ukm yang ada disini ( Red: UNEJ)”, tambahnya.

Nur fera salah satu pengisi stand mengatakan, acara ini sebagai penambah pengalamannya di bidang pemasaran. Sedangkan menurut Umi acara ini sangat bagus untuk mengenalkan produknya kepada mahasiswa “karena ini kesempatan yang bagus untuk mengenalkan produk-produk kami kepada mahasiswa yang ada disini (Red: UNEJ), ya perluasan jaringan juga”jelasnya. Bagi kewirausahaan muda FTP yang juga berpartisipasi sebagai pengisi stand,acara ini merupakan sebuah wadah untuk mengenalkan potensi produk baru ukm mereka untuk lebih dikenal masyarakat.

Dari total sebelas stand yang ada, sebagian besar diisi oleh masyarakat umum, hanya tiga stand mahasiswa yang berpartisipasi dalam acara tersebut, satu stand dari perwakilan ukm kewirausahaan FTP, dari mahasiswa manajemen FEB, dan dari KSKM sendiri. Empat dari keseluruhan fakultas UNEJ yang memiliki ukm (Unit Kegiatan Mahasiswa) kewirausahaan hanya FTP dan FEB yang berpartisiasi, menurut penuturan dari panitia pelaksana mereka sudah menyebar informasi, “kami sudah menginformasikan lewat media online dan sudah menyebar undangan juga minta bantuan BEM memasang pamflet di fakultas-fakultas”. Berkenaan dengan hal tersebut Mohammad El Zaki mengatakan bahwa dari empat fakultas tiga diantaranya belum siap untuk berpartisipasi, sehingga kebanyakan pengisi stand adalah masyarakat umum.

Siti Khotijah

Staf Pengembangan di LPME Ecpose, yang saat ini sedang menggeluti bidang desain. Mahasiswi angkatan 2015 di Manajemen FEB UNEJ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *