LKTI, Sarana Pengembangan Kreatifitas

LKTI, Sarana Pengembangan Kreatifitas

Pekan Raya Ekonomi merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Jurusan-Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (HMJ-IESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (FEB-UJ). Dalam Pekan Raya Ekonomi ini terdiri dari serangkaian acara, salah satunya adalah acara Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat SMA/MA se-Jawa Bali dengan tema Revitalisasi Ketahanan Ekonomi Nasional. “LKTI ini diadakan bermula dari sikap siswa yang kadang takut menuangkan idenya untuk dipublikasikan” Ucap Akbar selaku ketua panitia.
Pada hari Sabtu (22/10) pukul 07.00 WIB HMJ-IESP menyelenggarakan acara Presentasi Karya Tulis Ilmiah bagi 10 tim yang lolos dalam seleksi karya tulis ilmiah. 10 tim yang lolos ialah 1 tim dari SMAN 1 Glagah (Banyuwangi), 1 tim dari SMAN 1 Ponorogo, 1 tim dari SMAN 1 Sidoarjo, 1 tim dari SMAN 1 Jember, 2 tim dari SMAN 2 Bondowoso dan 4 tim dari MA Matholi’ul Anwar. Presentasi ini dilaksanakan di Ruang Multimedia FEB UJ yang acara puncaknya adalah pengumuman pemenang lomba.
Acara ini di awali dengan presentasi dari siswa MA Matholi’ul Anwar Lamongan dan diakhiri oleh SMAN 2 Bondowoso. Setiap tim berisi 2 sampai 3 siswa yang semuanya juga ikut serta dalam menjelaskan karya tulis ilmiah mereka. Mereka diberi waktu 10 menit dalam mempresentasikan hasil karya tulis ilmiahnya kepada dewan juri. Dalam melakukan penilaian presentasi, panitia mengundang Nazir, Dwi Yunita, dan Hanim selaku Dosen IESP untuk dijadikan juri. Acara yang di hadiri oleh 3 dosen IESP ini berlangsung kompetitif karena setiap tim membawakan materi dengan performa terbaiknya.
“Dengan adanya lomba karya tulis ilmiah ini, diharapkan siswa dapat mengelola potensi yang dimiliki dan juga dapat mengoptimalkan ide-ide mereka melalui LKTI ini” ucap Akbar. Pukul 13.15 WIB diumumkan juara dari lomba karya tulis ilmiah ini, juara pertama dan ketiga jatuh pada tim MA Matholi’ul Anwar Lamongan sedangkan juara kedua jatuh pada tim SMAN 1 Jember. Acara LKTI ini di tutup dengan pembagiaan piala, bingkisan, serta sertifikat yang di berikan kepada para pemenang dan peserta lainnya.

Redaksi ECPOSE

One thought on “LKTI, Sarana Pengembangan Kreatifitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *