Kegiatan Bakti Sosial Melalui Donor Darah

Kegiatan Bakti Sosial Melalui Donor Darah

Kamis ( 27/10/16 ) Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (HMJ IESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (FEB UJ) mengadakan acara Donor Darah di Ruang Multimedia. Acara Donor Darah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari acara besar HMJ IESP yaitu Pekan Raya Ekonomi. Donor darah ini yang dibuka mulai pukul 09.00 diikuti oleh mahasiswa dari FEB, dan juga dari fakultas lain meliputi Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), dan fakultas lainnya. Berbeda dari tahun sebelumnya, donor darah ini merupakan acara yang pertama kali diadakan dalam Pekan Raya tahun ini. Pada acara donor darah ini, panitia dibantu dengan PMI Kabupaten Jember, saat ditanya tentang prosedur pengajuan kegiatan donor darah kepada PMI, Akbar Surya Erlangga selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa dari pihak PMI sangat antusias sekali dengan adanya pengajuan kegiatan ini karena acara ini adalah acara sosial dan berkaitan dengan rasa kepedulian.

Tujuan dari adanya donor darah ini menurut Akbar adalah untuk menyadarkan para mahasiswa tentang rasa peduli. “ Walaupun hanya beberapa tetes darah tetapi itu sudah membantu orang lain yang membutuhkan” ujar Akbar menambahi. Hal ini juga mendapat tanggapan positif dari peserta donor darah, “Manfaat acara ini adalah secara tidak langsung kita memberikan bantuan kepada rumah sakit untuk orang – orang yang membutuhkan darah” ujar Hasbi angkatan 2016 Program Studi Manajemen.

Disinggung tentang tujuan dari acara donor darah ini, banyak peserta yang berantusias datang walaupun juga ada yang masih takut untuk donor darah.“ Sugesti kita janganlah negatif, sugesti kita bisa (red: donor darah), ngapain takut, itu nggak sakit.” ujar Dhevi Shelawati salah satu peserta dari D3 Kesekretariatan 2015. Dhevi pun menambahi selain donor darah merupakan kegiatan mulia, kita juga mendapat kesehatan dan terbarui juga sel-sel darah kita.

Acara donor darah ini mulanya hanya diadakan satu kali yaitu pada hari kamis saja, tetapi Akbar menyatakan bahwa rencana besok (28/10/16) akan diadakan lagi. “Rencana insyaAllah besok mau dibuka lagi (red: donor darah) dari pihak PMI minta ditambah 2 hari lagi” ujar Akbar

Inten Tamimi

Gadis kelahiran Pasuruan ini banyak menghabiskan waktu untuk berekspresi melalui media puisi. Saat ini sedang menjabat sebagai Redaktur Pelaksana I di LPME Ecpose, dan sebagai mahasiswa semester empat S-1 Manajemen FEB UNEJ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *