Seminar Nasional HMJ IESP: Pemateri Sibuk

Seminar Nasional HMJ IESP: Pemateri Sibuk

Minggu (30/10) Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (HMJ IESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (FEB UJ) menyelenggarakan Seminar Nasional “Revitalisasi Ketahanan Ekonomi Nasional dalam Menghadapi Dinamika Persaingan Global Berbasis Ekonomi Kreatif” di Gedung Soetardjo Universitas Jember. Seminar nasional yang merupakan puncak acara Pekan Raya Ekonomi 2016 ini dijadwalkan pada pukul 07.00 WIB. Namun, sekitar pukul 08.24 WIB acara baru dibuka dengan promosi sponsoryang dilanjutkan dengan pembukaan seminar. Menurut Akbar Surya Erlangga selaku ketua panitia Pekan Raya Ekonomi 2016, pengambilan tema seminar ini diharapkan agar masyarakat khususnya mahasiswa tidak hanya mengetahui tentang predikat provinsi industri kreatif yang diperoleh oleh Jawa Timur tetapi juga bisa menerapkan ekonomi kreatif di daerah tempat tinggalnya.

Seminar nasional iyang dipandu oleh Dosen FEB UJ Dr. M. Fathorrazi,M.Si. ini menghadirkan Ir. Aris Mukiyono, MT. MM (Kabag Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur) perwakilan dari Drs. H. Saifullah Yusuf (Wakil Gubernur Jawa Timur) yang berperan sebagai keynote speaker namun berhalangan hadir. Ada tiga pemateri yaitu Dynand Fariz (Presiden Jember Fashion Carnival), Drs. Braman Setyo, M.Si (Deputi Pembiayaan Koperasi RI), dan Dr. Suyanto Waspo Tondo Wicaksono M.Si (Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa) sebagai perwakilan dari Abdullah Azwar Anas, S.Pd, S.S, M.Si (Bupati Banyuwangi) yang tidak bisa hadir, pun Dr. Hj. Faida, MMR. (Bupati Jember)  yang berhalangan hadir.

Rangkaian seminar yang berjalan kurang lebih selama enam jam ini dihadiri oleh sekitar 854 peserta baik dari mahasiswa FEB UJ maupun mahasiswa dari Universitas lain seperti mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember, Politeknik Negeri Banyuwangi. Beberapa tamu undangan turut hadir seperti Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jember sebagai perwakilan dari Bupati Jember, Wakil Rektor II Universitas Jember, Dekan FEB UJ, Ketua Program Studi IESP FEB UJ dan beberapa perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FEB UJ.

Dari sekian banyak peserta yang hadir memiliki kesan dan pesan tersendiri tentang seminar nasional ini. Menurut Apriani mahasiswi IESP FEB UJ acara seminar yang diadakan oleh HMJ IESP ini menarik karena selain mendapatkan materi juga ada beberapa selingan hiburan seperti tari petik kopi oleh UKM Kurusetra FEB UJ dan penampilan band Freezy. Senada dengan Apriani, Danar Aji mahasiswa semester lima Politeknik Negeri Banyuwangi menambahkan, “…kesiapan dari pihak panitia ini sudah bener-benar matang melalui berbagai aspek, promosinya saya juga meyakini bahwa dari mading kampus sudah disebar, dari pihak regional Jember pasti sudah disebar dan ini tembus ke luar jember di daerah Banyuwangi melalui sosial media itu efisien dan efektif”. Berbeda dari kedua peserta, Moch. Syamsudin mahasiswa IESP FEB UJ mememberikan pesan dan kesan sebagai evaluasi untuk panitia terkait estimasi waktu dan pemateri seminar, “Kesannya tidak baik dari faktor pemateri karena yang jelas hanya Dynand Fariz, yang tiganya hanya sebagai pengganti jadi kurang menarik. Pesannya kalau membuat acara diperhitungkan plus minusnya nanti, ada tidaknya pemateri yang hadir harus jelas sama jangan molor”.

Menanggapi kekurangan seminar yang dilontarkan peserta, Akbar Surya Erlangga mengatakan, “Begini ya masalah estimasi waktu sebenarnya yang bermasalah yang kita undang, kita  ya gak bisa memaksakan beliau juga orang-orang sibuk, disini juga temen-temen bisa lihat bawasannya juga dari mereka langsung pulang setelah memberikan materi.” Sedangkan untuk masalah pemateri yang berhalangan hadir, Akbar Surya Erlangga juga mengklarifikasi bahwa konfirmasi ketidakhadiran pemateri diterima kurang dari 1X24 jam sebelum acara, panitia tidak bisa memaksa karena pihak pemateri merupakan orang-orang sibuk dengan kegiatan yang jauh lebih penting menyangkut taraf hidup orang banyak.

Elma Ariella

Redaktur Pelaksana I di LPME Ecpose yang saat ini tengah menekuni bidang tulis menulis. Sedang menempuh pendidikan di FEB UNEJ, sebagai mahasiswi semester empat jurusan S-1 Manajemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *