Total Paket RP. 35.000, Sesuaikah?

Tiga puluh lima ribu rupiah, harga yang ditetapkan panitia PKKMB untuk produk yang disediakan sebagai alternatif bagi mahasiswa baru (MABA). Dalam paket Rp 35.000 tersebut, MABA akan mendapat keperluan yang harus dibawa dalam acara PKKMB yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 November dan 26-27 November 2016 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (FEB – UJ). “Dapatnya itu kertas buat nametag, terus kertas yang didalam map itu ada kertas putih diprint foto sama biodata, dapat tali, dapat blocknote, ballpoint, sama map putih. Lalu, barang bawaan seperti pocari sweat, teh javana sama top cofee. Kan ada empat barang bawaan,yang satu itu roti tapi kita beli sendiri,” ungkap Ayuninda Rohmaningsih jurusan Ekonomi Islam 2016, tentang rincian produk dan perlengkapan yang diperoleh setelah membeli lewat BEM.

Pihak BEM merasa bahwa produk yang disediakan memiliki persamaan harga dengan membeli diluar BEM (Red: di toko). “Harganya sama kok, misalnya dipasaran enam ribu kita ya jualnya enam ribu. Kita nggak mungkin jual diatasnya itu,” tutur Hermin selaku ketua BEM. Sependapat dengan Hermin, Anugerahayu Andira Intan salah satu Pendamping Kelompok (PK) berpendapat, “Gini kalau beli di BEM itu lebih murah, jaraknya itu hampir sepuluh ribu, mending beli di BEM aja,”jelasnya.Saat ditanya mengenai alasan bahwa membeli di BEM akan lebih murah andira menuturkan “Kan banyak itu alat-alatnya. Sama makanannya,sama snack-snacknya, itu cuma tigapuluh lima ribu,” jelasnya.

Hal berbeda diungkapkan Sauqi Hilman Khoiri MABA S1 Akuntansi mengenai paketan tersebut, “Enggak sepadan gitu lo, tiga puluh lima ribu kita Cuma dapat barang-barang itu”. Ia juga mengaku penasaran terhadap harga per-itemnya, “Seharusnya tiga puluh lima ribu itu dikasih rincian harganya per-item, misalnya barang ini harganya berapa, biar jelas pengeluarnya,” tambah Sauqi.  Hal serupa juga dikatakan oleh Syeril mahasiswa S1 Akuntansi, tentang paket yang dibelinya di BEM, menurutnya harga paketan produk tidak sesuai setelah ia memperkiraan harga setiap produk dan atributnya.

Selain beberapa produk serta atribut yang telah diberikan kepada MABA, Hermin menjelaskan jika ternyata masih ada produk tambahan lain yang nantinya akan diberikan pada saat kegiatan PKKMB berlangsung. “Memang yang dikasikan ke MABA itu belum ketambahan stiker sama balon. Jadi yang didapatkan MABA akan ketambahan stiker sama balon,” jelasnya.

Putu Ayu D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *