Sistem Baru PEMILU Ketua BEM

Selasa, 13/12/2016, Pemilihan Umum (PEMILU) ketua Badan Eksekutif Mahsiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (BEM FEB UNEJ) merupakan salah satu program kerja Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FEB UNEJ. DPM membentuk panitia penyelenggara PEMILU yang biasa disebut Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM). Anggota KPUM terdiri dari delegasi setiap Unit Kegiatan Kampus (UKM) yang ada di FEB.
PEMILU ketua BEM FEB diawali dari pendaftaran bakal calon ketua yang berlangsung selama 4 hari yaitu pada tanggal 9 – 12 Desember 2016. Dilanjutkan pada sesi debat dan kampanye calon ketua BEM 2016 yang dilaksanakan pada hari selasa tanggal 13 Desember 2016. Kemudian di puncak kegiatan yaitu pengambilan suara pada tanggal 14 – 15 Desember 2016.
Syarif selaku anggota KPUM memaparkan bahwa terdapat perbedaan dalam pelaksanaan PEMILU tahun 2016 dengan tahun-tahun sebelumnya. Perbedaannya terletak pada cara pengambilan suara, yaitu secara online atau E-Voting yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Terpadu (SISTER). “Kalau tahun kemarin itu pengambilan suaranya secara manual yang dilakukan diruang multimedia FEB dan pemberian tanda ke salah satu jari dengan tinta bagi yg sudah memilih, untuk tahun ini pengambilan suara dilakukan dengan sistem Online (E-Voting, red) dimana dari pihak universitas sudah menjamin kerahasiaan dan keamanan dalam pengambilan suara.”
Penggunaan E-Voting tidak hanya dilakukan oleh FEB, melainkan Pihak Universitas telah mencanangkan bahwa pemilihan umum BEM fakultas di selenggarakan serentak diseluruh fakultas yang ada di UNEJ dengan menggunakan pengambilan suara secara E-Voting. Nur Aziz Fajar sebagai salah satu calon ketua BEM menyampaikan bahwa penggunaan E-Voting ini merupakan terobosan yang bagus untuk UNEJ dalam pengembangan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA). Pasalnya E-voting ini juga yang pertama kali diselenggarakan di UNEJ dan dilakukan secara serentak disetiap fakultas.
“ Untuk melakukan voting pemilihan ketua BEM caranya yang pertama yaitu buka SISTER, kemudian klik Event, lalu pilih Event ormawa dan yang terakhir pilih salah satu calon ketua BEM FEB yang menurutmu layak,” jelas Syarif saat ditanya prosedur pelaksanaan Voting pemilihan Ketua BEM FEB dengan menggunakan E-Voting.

Usman Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *