“Sang” Sahabat Tanpa Cacat

“Sang” Sahabat Tanpa Cacat

Saat itu, Noveri berperan sebagai tokoh utama bernama Sang. “Karena memang orangnya lucu dan lain sebagainya, memang disini Sang  itu dibutuhkan agak kocak tapi serius,” kenang Abdul Aziz sebagai sutradara dan penulis naskah teater Termin yang dipentaskan pada malam 13 Januari 2017.

Termin, naskah drama yang diangkat pada tahun 1999 ini meceritakan tentang sejarah masa lampau lengsernya Soeharto yang disampaikan secara puitis. Selain itu property kolam dan kursi yang dipakai untuk melengkapi alur cerita, menyimbolkan kisah politik pada zaman itu. “Jadi anggap bahwa kubangan-kubangan politik pada saat itu ya seperti itu,” jelas Abdul Aziz.

Hall of Fame merupakan serangkaian acara mengenang sosok teladan, Noveri Eko Purnomo,  yang meninggal pada tanggal 25 November 2016 lalu. Teater berjudul Termin yang dulu pernah dipentaskan oleh Noveri dipilih menjadi salah satu pertunjukan untuk mengenangnya. “Naskah ini pertama kali dipentaskan oleh Noveri, ahirnya untuk mengenang noveri dengan cara  mementaskan kembali naskah ini”, kata Abdul Aziz.

Pada pementasan naskah Termin kali ini, tokoh utama digantikan oleh Yusrizal, alumni teater dari SMA Negeri Kalisat yang saat ini tergabung dengan komunitas seni Jember. Ia mengaku mudah dalam menggantikan peran Noveri sebagai tokoh Sang, bahkan semua orang pasti bisa memerankan. “Yang sulit tergantikan adalah semangat mas Noveri dalam memerankan tokoh Sang, cuma mas Noveri yang punya semangat itu,” katanya.

Noveri dikenal sebagai sosok yang gemar sekali membaur, mengikuti banyak komunitas, seperti Finger, Grebek Sedekah, Bung Limbung, Kurusetra, serta grup musik seperti Tamasya Band,Tape Ketan Band, dan banyak lagi lainnya. Semangat dan sifat rendah hati yang dimilikinya mengundang cinta banyak orang, sehingga sampai akhirnya ia meninggal, banyak orang yang merasa kehilangan. “Mas noveri ini sahabat yang tanpa cacat, semangatnya, idealisnya, rendah hatinya, suka menghargai, ya ini yang bisa jadi pelajaran,” ungkap deded, sahabat noveri dari Kurusetra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeraitas Jember (FEB UNEJ).

Nayla Rizqi K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *