Sosialisasi Pemberlakuan SKPI di Universitas Jember

Sosialisasi Pemberlakuan SKPI di Universitas Jember

Senin (3/4/17), Universitas Jember mengadakan sosialisasi tentang  Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) di Aula Gedung Mas Soerachman yang dihadiri oleh perwakilan mahasiswa masing-masing fakultas.  Sosialisasi ini dibagi menjadi beberapa sesi sesuai dengan jadwal yang sudah yang ditetapkan oleh universitas, dan diutamakan untuk mahasiswa angkatan 2012, 2013, dan 2014. Dengan diadakannya sosialisasi, diharapkan mahasiswa akan mendapatkan informasi tentang SKPI secara lebih detail.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81 tahun 2014 mengenai  ijazah dan setifikat kompetensi, setiap perguruan tinggi diwajibkan memberikan bekal berupa sertifikat kompetensi bagi mahasiswa sebagai pendamping ijazah. Universitas Jember memulai memberlakuan SKPI melalui Surat Keputusan Rektor No. 12409/ UN 25 SP/2016. Sesuai dengan Surat Keputusan tersebut, SKPI akan diberlakukan mulai tanggal 30 Juni 2017, setelah tanggal tersebut mahasiswa yang lulus akan mendapatkan tiga surat sekaligus, yaitu ijazah,transkip nilai, dan SKPI.

SKPI digunakan sebagai tolok ukur keaktifan mahasiswa dalam pengembangan softskill. “Selain nilai bagus, SKPI juga bisa menjadi tolok ukur prestasi mahasiswa selain prestasi akademik, seperti contoh mengikuti lomba atau kegiatan ekstra,” jelas Ayunda Kumala selaku perwakilan bagian kemahasiswaan Universitas Jember. Semakin banyak sertifikat prestasi ataupun keikutsertaan kegiatan selama masa perkuliahan, maka akan semakin menunjukkan bahwa mahasiswa yang bersangkutan aktif selama masa  studinya. SKPI dapat diisi sendiri dengan cara input data melalui Sistem Informasi Terpadu (SISTER) Universitas Jember dan melampirkan bukti sertifikat prestasi atau keikutsertaan kegiatan kemahasiswaan.

Dalam sosialisasi SKPI terdapat beberapa pertanyaan oleh mahasiswa mengenai penerapan poin yang harus dimiliki mahasiswa sebagi kriteria kelulusannya. “Berapa poin minimal yang harus dimiliki oleh mahasiswa untuk syarat kelulusan?” tanya salah seorang peserta sosialisasi. Hal tersebut dijawab oleh bagian kemahasiswaan bahwa Universitas Jember tidak menerapkan poin dalam SKPI untuk syarat kelulusan.

Nanda Ayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *