Mengenal Jurnalisme Investigasi Bersama AJI Jember dan Tempo Institute

Mengenal Jurnalisme Investigasi Bersama AJI Jember dan Tempo Institute

Aliansi Jurnalis Indenpenden (AJI)  pada Rabu (21/6) bekerja sama dengan Tempo Intitute menggelar diskusi di Warung Ndalung, Jember, dengan mengusung  tema “Jurnalisme Investigasi”.  Kegiatan yang dihadiri oleh jurnalis media, beberapa Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) di Jember dan pegiat-pegiat media ini, bertujuan untuk mengembangkan kemampuan wartawan dalam melakukan liputan investigasi.

“Jadi, tidak hanya sekedar berita satu atau dua halaman selesai.  Nah perlu dibangun wartawan-wartawan  yang mampu menggali satu masalah dari hulu sampai hilir.  Jadi ketika baca berita itu kita tahu secara keseluruhan, tidak sepotong-sepotong,“ tutur Friska Alika, Ketua AJI Jember.  Friska menambahkan, diskusi ini untuk menyelamatkan jurnalis-jurnalis dari kehancuran dan kepunahan karena liputan investigasi dapat melihat masalah secara kompleks, sehingga masyarakat yang membaca berita mendapatkan informasi yang penuh.

Dalam diskusi yang berlangsung kurang lebih 5 jam ini, AJI tidak hanya ditemani Tempo InstuteAda pula Migrant Care sebagai lembaga yang memiliki konsen dalam menangani isu-isu buruh migran yang berkaitan dengan perburuhan Indonesia. “Jadi salah satu tujuan AJI Jember mengundang Migrant Care karena lembaga ini adalah salah satu lembaga yang punya banyak sekali data potensial untuk dijadikan liputan investigasi” tambah Friska.

Sebenarnya Jember tidak termasuk dalam kota kunjungan Tempo Instute yang mengadakan lawatan ini.  Namun Friska menuturkan, kebetulan fasilator acara diskusi dari Tempo Institute, Felix, ada di Jember sehingga diskusi ini dapat terlaksana.  Selain itu, AJI Jember juga memiliki diskusi rutin setiap tiga bulan sekali dan diskusi periode ini diisi dengan topik liputan invetigasi tersebut.

Pada akhir diskusi, Friska berpendapat bahwa masih jarang sekali wartawan daerah yang berminat untuk melakukan liputan investigasi.  Oleh karena itu, dengan diadakannya diskusi ini Friska beharap dapat memacu minat para wartawan di daerah untuk menulis liputan investigasi.  [Rorin, Inten]

Rorin Julian

Menajbat sebagai Bendahara Umum di LPME Ecpose. Saat ini sedang menempuh pendidikan di FEB UNEJ, jurusan Kesekretariatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *