Kuliah Kerja Lapang FEB Akan Berjalan dengan SKS

Kuliah Kerja Lapang FEB Akan Berjalan dengan SKS

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (FEB UNEJ) semester ini mulai memberikan Satuan Kredit Semester (SKS) pada kegiatan Kuliah Kerja Lapang (KKL). Hal ini sesuai dengan yang tercantum pada kurikulum 2017 dan berlaku bagi mahasiswa tingkat strata maupun diploma. “Saya ajak diskusi antara wakil dekan 1 dengan semua prodi yang ada di fakultas maka mereka menyepakati KKL diberikan 1 SKS karena 0 SKS itu tidak boleh,” tutur Muhammad Miqdad selaku Dekan FEB.

Baca juga: KKL Berjalan Tanpa SKS

Miqdad menambahkan, pemberian SKS akan mengubah proses pelaksanaan KKL yang terdahulu. Akan diatur jam kunjungannya serta ada laporan dan bimbingan dari dosen.  Selain itu, menyesuaikan juga dengan learning outcome agar lulusan dari masing-masing program studi memiliki kompetensi sesuai bidangnya.  Mengenai lokasi pelaksanaan, Miqdad menuturkan bahwa KKL tanpa keluar kota pun tidak menjadi masalah, yang terpenting sesuai dengan kompetensi mata kuliah tersebut. “Materi KKL tidak harus di luar kota, bisa jadi cukup hanya di daerah Jember, menyesuaikandengan kompetensi yang dimiliki masing-masing program studi,” kata Muhammad Miqdad.

Dengan pemberian SKS ini, Miqdad berharap pelaksanaan kegiatan KKL dapat mendukung kompetensi mahasiswa.  “Untuk kedepannya saya berharap pelaksanaan KKL menjadi lebih baik, kedua memang menunjang, dan ketiga mendukung kompetensi mahasiswa”, ujarnya. (Niken, Elma)

Niken Kristiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *