Selenggarakan Event Nasional, FEB UNEJ Harapkan Lebih Dikenal

Selenggarakan Event Nasional, FEB UNEJ Harapkan Lebih Dikenal

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (FEB UNEJ) baru saja menjadi tuan rumah penyelenggaraan Simposium Nasional Akuntansi XX (SNA XX). Acara yang berlangsung sejak Rabu (27/9) hingga Jumat (29/9) ini, merupakan kegiatan tahunan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kompartemen Akuntan Pendidik (KAPd) yang mempertemukan akuntan pendidik dari seluruh penjuru Indonesia.

Sebagai tuan rumah bagi kegiatan berskala nasional, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Universitas Jember, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir, pun turut hadir di Gedung Soetardjo pada hari Rabu untuk membuka kegiatan ini. “Kami bahagia sekali, karena ini bukan hanya kepentingan FEB tapi juga kepentingan universitas,” tutur Muhammad Miqdad selaku Dekan FEB UNEJ. Ia menuturkan, FEB dapat terpilih menjadi tuan rumah SNA setelah mengajukan proposal ke tim nasional. Melalui adu konsep dan proposal dengan sejumlah universitas lain di Indonesia, akhirnya FEB UNEJ dapat terpilih menjadi tuan rumah SNA tahun ini.

Menghadirkan kurang lebih 400 akuntan pendidik dari seluruh penjuru Indonesia, kegiatan ini mempresentasikan sebanyak 100 paper dari seluruh akuntan. Mengingat banyaknya pihak yang terlibat dalam SNA, untuk itu pihak fakultas telah mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari perbaikan fasilitas seperti kamar mandi dan taman, hingga kegiatan perkuliahan yang biasanya dilakukan secara tatap muka dialihkan menjadi via online selama satu minggu dalam minggu penyelenggaraan SNA. “Karena kami butuh persiapan, butuh penanganan. Kegiatan akademik bukan kita liburkan tapi kita coba dengan e-learning (electronic learning, red),” ucap Muhammad Miqdad.

Dengan terpilihnya FEB menjadi tempat penyelenggaraan SNA XX, Muhammad Miqdad berharap agar FEB menjadi lebih dikenal oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Menurutnya, dunia sudah mengglobal dan eksistensi dari suatu lembaga adalah penting. “Kita ingin posisi FEB di tingkat universitas maupun nasional itu dipandang sebagai lembaga yang besar,” tukasnya. (Triana, Vira)

Triana Novitasari

Pimpinan Redaksi LPME Ecpose, yang saat ini sedang menempuh studi di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *