KPUM Terapkan Sistem E-TPS Untuk Pemilu Raya Mendatang

KPUM Terapkan Sistem E-TPS Untuk Pemilu Raya Mendatang

Menjelang Pemilu Raya Universitas Jember (UNEJ) 2017 yang akan diselenggarakan pada 2 November 2017 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) UNEJ giat melakukan persiapan.  Salah satunya mengadakan simulasi E-TPS di Ruang Multimedia Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi (UPT TI) UNEJ yang diikuti oleh seluruh pasangan calon (paslon) BEM Universitas, calon legislatif/BPM, dan perwakilan pers mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan penggunaan sistem E-TPS dan implementasinya saat pemilu raya berlangsung.

Moch Musta’anul Khusni selaku ketua KPUM menjelaskan perbedaan E-TPS dengan E-Voting yang pernah diterapkan untuk pemilu di Fakultas (baca: Sistem Baru Pemilu Ketua BEM).  “Beberapa Fakultas yang menggunakan sistem E-voting bisa memilih dimana saja sedangkan sistem E-TPS ini tidak.  Demi menjaga asas langsung dan umum harus tetap ke TPS masing-masing yang akan disediakan KPUM,” jelasnya. Sistem E-TPS oleh pihak UPT-TI diatur berdasarkan IP masing-masing Fakultas sehingga mahasiswa hanya bisa melakukan pemilihan di Fakultas sesuai NIM yang terdaftar. Calon pemilih langsung datang mengujungi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan untuk melakukan pemilihan secara online melalui Sistem Informasi Terpadu (SISTER) UNEJ.

Sistem pemilihan yang terbilang baru ini, mengundang beberapa pertanyaan dari peserta simulasi E-TPS saat sesi diskusi. Salah satunya kesiapan pihak KPUM dan UPT-TI menghadapi kendala saat hari pelaksanaan, seperti mati lampu ataupun lambatnya akses ke SISTER karena digunakan secara bersamaan dalam satu waktu. Pihak UPT-TI dan KPUM sendiri mencoba untuk semaksimal mungkin mencegah kendala-kendala tersebut terjadi dengan persiapan yang matang.

Salah seorang mahasiswa, Rijal Al-Khautsar jurusan Teknik Elektro 2015 juga mempertanyakan sosialiasi lebih lanjut yang akan dilakukan pihak KPUM terkait sistem E-TPS, terutama cara penggunaanya kepada mahasiswa secara menyeluruh. Menanggapi hal tersebut, Musta’anul Khusni menjawab bahwasanya pihak KPUM akan mengusahakan sosialisasi berupa video dan poster yang berisi tata cara pemilihan calon menggunakan E-TPS yang nantinya akan disebar melalui media sosial. Hal itu dipilih dikarenakan keterbatasan KPUM untuk melakukan sosialasi secara langsung ke seluruh mahasiswa UNEJ. [Putu, Ridho]

Putu Ayu D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *