Kenali Pasangan Calon BEM Melalui Debat Kandidat

Kenali Pasangan Calon BEM Melalui Debat Kandidat

Rabu (28/12) Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (FEB UNEJ) mengadakan acara debat kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB UNEJ. Acara yang bertempat di ruang Multimedia FEB UJ ini dihadiri oleh mahasiswa aktif FEB angkatan 2014-2017, perwakilan ormawa FEB serta kedua pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua Umum BEM FEB UNEJ periode 2018/2019.

Acara debat kandidat tersebut menurut Riska Septiani Putri selaku Divisi Acara KPUM FEB UNEJ bertujuan untuk memperkenalkan kandidat  pasangan calon kepada mahasiswa dan ormawa agar tercipta kedekatan antara pasangan calon dengan pemilik hak suara. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat memilih pasangan calon ketua dan wakil ketua umum dengan tepat setelah mengetahui kualitas yang dimiliki oleh masing-masing kandidat. “Acara debat kali ini akan menggambarkan kualitas dari masing-masing calon secara langsung, karena mereka (Red: pasangan calon) dituntut untuk berpikir serta menjawab secara cepat,” ujar Riska Septiani Putri.

Senada dengan Riska Septiani, Dyah Galuh pasangan calon nomor urut 1, mengatakan bahwa adanya debat kandidat ini dapat membantu mahasiswa untuk memilih pasangan calon yang lebih tepat untuk menjabat BEM periode selanjutnya. Selain itu Riska Regita pasangan calon nomor urut 2  juga mengatakan bahwa adanya debat kandidat ini memiliki respon positif dari kalangan mahasiswa aktif FEB UNEJ karena dengan itu, tiap pasangan calon ketua dan wakil ketua umum BEM FEB dapat secara langsung mengutarakan visi dan misi yang diusung tiap pasangan calon.

“Selain itu, janji–janji yang kami ucapkan saat acara debat kandidat nantinya dapat kita pertanggungjawabkan kedepannya,” ucap Riska Regita P. selaku calon Wakil Ketua Umum BEM FEB UNEJ.

Terselenggaranya acara debat kandidat pasangan calon ketua umum dan wakil ketua umum FEB UNEJ mendapat respon dari salah satu mahasiswa yang hadir yaitu Bagus Wulunggono selaku mahasiswa angkatan 2017 jurusan Ilmu Ekonomi. Ia mengungkapkan bahwa acara seperti ini mampu memberikan peluang kepada pemilik hak suara untuk dapat menentukan pilihannya dengan penuh pertimbangan. “Siapa pun yang akan terpilih nantinya, diharapkan dapat mewujudkan seluruh janji-janjinya sesuai dengan janji politik yang disampaikan di acara debat kandidat,” lanjut Bagus. (Ridho, Wafik)

 

Penulis: Ali Ridho (Anggota Tetap LPME Ecpose)

Redaksi ECPOSE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *