Aksi 212 Jember Kritisi Kepemimpinan Bupati Faida

Aksi 212 Jember Kritisi Kepemimpinan Bupati Faida

Sejumlah elemen masyarakat di Kabupaten Jember menggelar aksi turun jalan bertajuk Aksi 212: Lawan Kesombongan Penguasa, pada Rabu (21/2).  Dengan dikawal sejumlah personel kepolisian dan Banser (Barisan Ansor Seraguna Nadhlatul Ulama), mereka berangkat dari Pondok Pesantren Ash Shidiqi Puteri di Talangsari Jember pada pukul 10.00 dan mengakhiri aksi dengan orasi serta penyampaian aspirasi di Gedung DPRD Jember.  Aksi ini digelar sebagai bentuk tidak percaya terhadap dua tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jember, Faida dan Abdul Muqit Arief.

Dalam orasinya, Kustiono Musri selaku koordinator lapangan, mengungkapkan beberapa tuntutan terhadap bupati Jember. “Yang pertama, agar Bupati Jember secara sadar segera mengundurkan diri.  Kedua, agar DPRD tidak tidur dan melawan kekuasaan kesombongan kekuasaan,” ujarnya.

Lebih lanjut Kustiono Musri menyampaikan bahwa agar DPRD menggunakan hak konstitusionalnya, yaitu hak angket dan seterusnya menggelar sidang-sidang guna memberhentikan Bupati Faida dari Jabatannya.  Ia menuturkan, pemerintahan Bupati Jember saat ini dirasa diktator dan DPRD kurang menunjukkan sikap yang tegas, sehingga kekuatan DPRD tidak ada gunanya.  “Kami menganggap DPRD selama ini diam, tidak mampu menjalani fungsi kontrolnya, sehingga terjadi persoalan seperti yang sekarang ini,” sesalnya.

Salah satu yang dipermasalahkan oleh warga menurut Kustiono yakni mengenai penggunaan anggaran uang rakyat yang tak mampu digunakan secara optimal.  “Anggaran disia-siakan, sehingga menimbulkan SILPA (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran) yang fantastis.”

Di akhir orasi, perwakilan dari Fraksi Partai Gerindra akhirnya keluar dari gedung dan menyatakan kesanggupannya untuk memenuhi apa yang menjadi permintaan rakyat.  “Kami siap melayani masyarakat sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya kepada massa.    []

Triana Novitasari

Pimpinan Redaksi LPME Ecpose, yang saat ini sedang menempuh studi di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *