Sosiliasasi KKL Manajemen: Bali terpilih lagi

Sosiliasasi KKL Manajemen: Bali terpilih lagi

Pihak Jurusan Manajemen dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) mengadakan Sosialisasi Kuliah Kerja Lapang (KKL) di Ruang Multimedia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (FEB UNEJ).  Acara yang dimulai pukul 09.00 ini, mengusung tema “Kreatifitas dan Inovasi Teknologi Informasi dalam membangun keunggulan Kompetitif Usaha Lokal di Era Milenium”.  Berdasarkan sosialisasi tersebut, diketahui Bali terpilih lagi sebagai tujuan KKL tahun ini.

Terpilihnya Bali didasarkan pada hasil voting yang dilakukan mahasiswa pada awal Februari lalu.  Handriyono selaku Ketua Jurusan Manajemen menerangkan bahwa pihak jurusan hanya memfasilitasi, mahasiswa tidak dipaksa dalam menentukan tujuan KKL.  Nantinya KKL akan dilaksanakan pada 6 sampai 8 Maret 2018.  Ika Barokah selaku Ketua Program Studi Manajemen menegaskan bahwa KKL bertujuan agar mahasiswa mampu membandingkan dan menganalisis kondisi di lapangan dengan teori yang selama ini dipelajari di ruang kelas.

Adapun perbedaan KKL tahun ini dengan tahun sebelumnya yaitu bobot 1 SKS yang dibebankan dalam kurikulum 2018.  Hal ini mempengaruhi penggelolaan kegiatan KKL Manajemen 2018.  “Pengelolaan sekarang diserahkan pada mahasiswa seperti kegiatan pasca KKL, namun tetap atas dasar koordinasi dengan jurusan,” terang Maulana Affifudin selaku Ketua HMJM.  Lebih lanjut ia menerangkan bahwa dengan adanya SKS penilaian akan di bagi menjadi dua yaitu penilaian individu dan kelompok.

Hal lain yang membedakan KKL Manajemen 2018 dengan tahun lalu, yaitu adanya tambahan tempat kunjungan KKL yang semula empat lokasi menjadi depalan lokasi.  Hal ini dilakukan agar kegiatan akademik jauh lebih banyak.  Selain itu, Affifudin juga mengungkapkan dari total pembayaran 1 juta rupiah akan diberikan subsidi senilai 200 ribu rupiah untuk setiap mahasiswa.  Namun nantinya  subsidi tersebut di potong sebesar 50 ribu untuk kegiatan Malam keakraban (Makrab) angkatan, presentasi, dan kegiatan lainnya.  [Putu, Hasbi]

Putu Ayu D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *