AJI Jember Back Up Isu Lingkungan Lewat Media Alternatif

AJI Jember Back Up Isu Lingkungan Lewat Media Alternatif

Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Jember mengadakan acara pemutaran film dan diskusi Asimetris karya Wacthdoc pada Senin (26/3) di Warung Ndalung, Patrang, Jember. Film yang menceritakan tentang bencana lingkungan kabut asap di Kalimantan ini, dimulai pukul 18.30 dan dilanjutkan dengan diskusi oleh Wahyu Giri selaku pemateri. Ali Fian selaku pelaksana acara menyatakan tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk menyebarkan informasi terkait isu lingkungan dan menganalisa bahwa tidak semua hal yang terjadi adalah murni seperti informasi yang diterima. “Kami berusaha mengajak pers mahasiswa di sini jika menghadapi suatu isu agar tidak langsung menelan mentah-mentah. Jadi harus didiskusikan dan dikaji lebih dulu.”

Fian juga menambahkan salah satu tujuan pemutaran film ini adalah untuk menyebarkan informasi melalui media alternatif, semisal film dokumenter. Saat ini banyak wartawan yang aktif di media alternatif dikarenakan adanya batasan-batasan dalam meliput suatu isu. Misalnya kasus Tumpang Pitu di Banyuwangi yang tidak banyak diberitakan oleh wartawan karena dibatasi oleh pemilik media. “Kita wartawan biasanya dihadapkan ke keterbatasan misalnya pemilik media ini seperti apa, media tempat kita bekerja itu mau mem-back up juga atau tidak. Itu kan juga menjadi pertimbangan karena bisa jadi kita sudah berani menulis tapi itu tidak tayang.”

Ia juga mencontohkan penggarapan film Asimetris oleh Dandhy dkk. adalah sebagai media alternatif untuk meliput isu sensiitif yang kemungkinan besar tidak diijinkan terbit oleh industri media tempatnya bekerja. Jadi dengan media alternatif ini dapat melenyapkan keterbatasan dan kesulitan yang ada dalam penyebaran isu.

Wahyu Giri selaku pemateri juga menanggapi seberapa penting peran media saat ini dalam memberitakan masalah lingkungan terutama untuk mengkritisi kebijakan-kebijakan agar tidak terjadi informasi yang asimetris. Siapakah yang akan memperoleh keuntungan dari kebijakan tersebut dan siapa saja yang dirugikan. Maka dari situ dibutuhkan peran media agar dapat menganalisis lebih tajam dampak dari adanya suatu kebijakan pemerintah.   []

Ilham Faurizal

2 thoughts on “AJI Jember Back Up Isu Lingkungan Lewat Media Alternatif

  1. Cover bothside nya….
    Ini berita kegiatan nobar dan diskusi kok ndak ada “suara” dari yang nobar dan diskusi.
    Tolong juga diperhatikan penggunaan kata, salah ketik dan yang lainnya.
    Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *