Kenalkan Fintech Enterpreneur, HIMADITA Adakan Seminar Nasional

Kenalkan Fintech Enterpreneur, HIMADITA Adakan Seminar Nasional

Himpunan Mahasiswa Diploma Tiga (HIMADITA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (UNEJ) mengadakan Seminar Nasional dengan judul “Implementasi Dunia Bisnis Berbasis Teknologi” pada Sabtu (21/04).  Acara yang diselenggarakan di Gedung Soetardjo UNEJ ini, bertujuan untuk mengenalkan Financial Technology (Fintech) Enterpreneur di kalangan mahasiswa.

“Kita mencoba mengenalkan fintech, karena mahasiswa masih minim pengetahuan tentang fintech enterpreneur di zaman modern yang semakin maju ini,” ujar Bas, selaku CO dan EO acara.  Bas juga menegaskan harapannya untuk para peserta agar lebih mengetahui peran fintech di zaman modern, serta bisa menerapkan untuk bisnis yang sangat menjanjikan di kemudian hari.

Antusias peserta yang luar biasa, bukan saja karena tema seminar yang sangat kekinian. Ada pula pemateri yang sangat menarik perhatian karena kesuksesannya di dunia bisnis, seperti Hengky Kurniawan, Rendra Wirawan, dan Yayak Ekay Cahyanto.

Yayak atau yang sering disapa Braderkay, memberikan materi yang sangat inovatif dan mudah diterima oleh peserta seminar. Ia mengatakan bahwa generasi muda saat ini adalah Generasi Milenial. Namun mirisnya, dengan kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi menjadikan para generasi muda ini, menjadi generasi sosial yang anti sosial. “Punya Facebook, punya Instagram tapi masih nggak berpenghasilan. Kalian ini mau berubah atau punah?  Kan sekarang teknologi sudah canggih, kalian seharusnya jangan hanya menjadi pengguna saja. Jadilah pemanfaat, jadilah kreator,” ujarnya.

Braderkay juga menyampaikan bahwa beberapa tahun ke depan akan banyak pekerjaan yang hilang dan tergantikan dengan teknologi. Oleh sebab itu, Braderkay menyarankan kepada para mahasiswa untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Seiring perkembangan zaman, para generasi muda diharapkan bisa memulai bisnis sebagai reseller, youtubers, atau endorse. “Mulai saja dari hal yang sederhana. Kalau nantinya banyak pekerjaan yang hilang, kan kalian sudah nggak bingung. Ciptakan saja pekerjaan-pekerjaan baru. Mudah kok, liat aja tuh Gojek, perusahaan armada yang nggak punya armada. Jangan jadi generasi mager (malas gerak, red), generasi pengguna smartphone tapi nggak smart. Karena jika ini dibiarkan kalian akan punah,” tegasnya lagi.

Peserta juga merasa beruntung bisa mengikuti seminar ini. Satu sisi mereka bisa bertemu dengan Hengky Kurniawan, di sisi lain mereka juga merasakan banyak manfaat. “Senang sih kita bisa ketemu Kak Hengky. Materi dan motivasi yang diberikan para pemateri juga bagus banget. Buat yang belum paham masalah dalam berbisnis juga langsung dapet solusinya,” ujar Navalia, sebagai salah satu peserta seminar. []

*Penulis adalah Anggota Magang LPME Ecpose 2018

Aurora Pricilla Mambo

Anggota Magang LPME Ecpose angkatan 2017. Saat ini sedang menempuh studi di D3 Akuntansi FEB UNEJ.

4 thoughts on “Kenalkan Fintech Enterpreneur, HIMADITA Adakan Seminar Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *