Belajar Memiliki Sedikit Keberanian Dari 3 Idiot

Belajar Memiliki Sedikit Keberanian Dari 3 Idiot

“…..Ini Universitas, bukan panci presto yang membuat pikiran orang tertekan

Begitulah kutipan yang  terdapat dalam film Bollywood : 3 Idiots. Kisah ini berawal dari tantangan Chatur 10 tahun silam kepada Rancho (Amir Khan), jika dia akan lebih sukses dari pada Rancho. Farhan sahabat Rancho, menerima telfon dari Chatur yang mengabarkan bahwa Rancho telah pulang setelah sekian lama menghilang.  Sebelum mereka bertemu di tempat yang Chatur janjikan,  Farhan menjemput Raju, sahabatnya. Ketika tiba di atap menara Imperial College of Engineering (ICE), Farhan dan Raju tidak menemukan Rancho, hanya ada Cathur seorang diri. Chatur, Farhan, dan Raju memutuskan untuk mencari Rancho karena Chatur ingin membuktikan bahwa ia memenangkan tantangan tersebut, sekaligus melepas rindu Farhan dan Raju terhadap Rancho. Selama di perjalanan, Farhan mengalami flashback, ia teringat kembali akan sosok Rancho dan kejadian-kejadian yang mereka alami semasa kuliah.  

Disutradarai oleh Rajkumar Hirani, film ini meraih sukses besar dimasanya. Dilansir dari idntimes.com, 3 Idiots sukses meraih sekitar 39 penghargaan dan nominasi. Diantaranya adalah lima penghargaan dari ajang Filmfare Awards dan tiga dari ajang National Film Awards.

Selaku Sutradara, Rajkumar Hirani Mengangkat masalah sistem pendidikan  dengan dibalut latar komedi. Pembawaan yang ringan dan sederhana dalam mengupas  permasalahan  sistem pendidikan yang sering kita jumpai, mampu  membuat penonton dapat memahami pesan yang disampaikan tanpa harus berpikir keras.

Film ini menceritakan istimewanya sosok Rancho dari sudut pandang Farhan. Selama perjalanan mencari Rancho, dia bercerita tentang awal pertemuan mereka, kecerdasan Rancho, dan kegilaan yang mereka lakukan selama masa kuliah. Terlebih, kegilaan yang mengharuskan mereka berurusan dengan sang rektor yaitu Viru Sahastrebuddhe (Virus).

Awal konflik dari cerita ini, ketika Rancho mulai menentang Virus karena menganggap ada yang salah dengan penerapan sistem pengajaran di ICE, hingga membuat seorang mahasiswa bunuh diri. Puncaknya, ketika Rancho hampir dikeluarkan dari ICE karena membantu Raju mendapatkan bocoran soal Ujian Akhir.

Film yang berdurasi 173 menit ini menarik untuk ditonton, khususnya dikalangan mahasiswa. Mengingat cerita yang diangkat menjelaskan sistem pendidikan dan pola pikir mahasiswa pada umumnya. Selain itu, film ini sebagai perenungan bagi kita yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, apakah sudah kritis seperti yang dilakukan Rancho terkait ada yang salah dengan suatu sistem atau sebaliknya….?

Selamat menonton.

Andika Priwanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *