KSEI: Kenalkan Saham Syariah Berbasis Online

KSEI: Kenalkan Saham Syariah Berbasis Online

Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jember (UJ) mengadakan Roadshow Seminar Nasional dengan judul “Investasi Halal Pilihan Terbaik di Era Revolusi Industri 4.0”, [30/3]. Acara diselenggarakan di Ruang Multimedia FEB UJ dengan dihadiri oleh peserta selain mahasiswa internal Universitas Jember.

Acara ini menghadirkan Zanuar Priyatno selaku Marketing Officer Indopremier dan Rosidah dari Analyst Islamic Capital Market Devision PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai pemateri. Kedua pemateri menyampaikan pemahaman perihal cara penerapan serta acuan keseluruhan investasi syariah yang masih belum diketahui bagi kalangan mahasiswa.

Zanuar menjelaskan bahwa setiap kalangan dapat berinvestasi “syariah mulai pada harga 100.000 per slot. Ia juga menambahkan terkait kemudahan sistem baru yang dikenal dengan Shariah Online Trading System (SOTS). Sistem ini telah disertifikasi oleh DSN-MUI atas dasar fatwa No. 80 tahun 2011. Salah satu aplikasi yang mendukung transaksi berbasis SOTS ini adalah IPOT GO. IPOT GO merupakan salah satu portal online investasi terlengkap dari Indo Premier Sekuritas. Aplikasi ini dirancang khusus agar masyarakat mudah dalam mendapatkan informasi dan mengelola investasinya.

Penggunaan aplikasi IPOT GO dapat memudahkan investor berinvestasi sesuai syariat islam. “Sistem ini dapat membatasi transaksi yang tidak sesuai syariah dengan notifikasi khusus berupa hadist”, Ujar Rosidah selaku pemateri. Ia juga menambahkan akan adanya persyaratan khusus bagi apa yang dikatakan investasi syariah, yakni adanya pengakuan, tidak menjalankan usaha haram dan perbandingan pendapatan tidak halal dan halal maksimal 10%. Adanya persyaratan tersebut, Rosidah berharap agar calon investor memiliki pandangan pada usaha yang ingin dipilih khususnya berbasis syariah.

Investasi Syariah kini dapat dengan mudah dilakukan. Namun kemudahan tersebut tidak akan berguna jika tidak diiringi oleh semangat menjadi investor. “Harapan kami bukan hanya pemahaman teori saja yang didapat oleh peserta, tetapi juga kepada pemahaman materi akademis dan pengaplikasian praktisi,” papar Vicki Luvian selaku Ketua Umum KSEI. [Sofiahtu, Devidia]

Shofiahtu Adita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *