Jelang Kuliah Kerja Lapang (KKL) HMJ IE Adakan Pembekalan

Jelang Kuliah Kerja Lapang (KKL) HMJ IE Adakan Pembekalan

Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi (HMJ IE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jember (UJ) mengadakan pembekalan KKL di Ruang Multimedia FEB, [5/4]. Ketua Umum HMJ IE Ghifari menuturkan acara ini diadakan untuk memahamkan mahasiswa IE 2017 tentang pelaksanaan KKL yang akan diselenggarakan pada 6 April 2019.

Acara ini dihadiri Sebastiana Viphindrartin Kepala Jurusan Ekonomi Pembangunan (EP), Herman Cahyo Diartho Kepala Program Studi EP dan Moehammad Fathorrazi Kepala Program Studi Ekonomi Syariah (PSES) sebagai pemateri. Dalam penuturannya Herman menjelaskan bahwa kegiatan KKL memiliki landasan hukum yang jelas sebagai dasar operasionalnya. Ia juga menekankan kepada mahasiswa untuk memahami tujuan utama KKL. “Kalian harus memahami bahwa KKL itu bukan hanya liburan, tetapi juga pengamatan yang outputnya laporan,” ujarnya.

“Kalau KKL 100% pembelajaran dan di hotel harus mengerjakan laporan, apa kalian setuju?” lontar Herman kepada mahasiswa IE 2017 di sela-sela pemaparannya. Seisi forum serentak menjawab tidak atas pertanyaan Herman. Senada dengan Herman, Fathorrazi juga mengatakan bahwa mahasiswa harus memahami pelaksanaan KKL sebagai kegiatan belajar yang menyenangkan. Sehingga pelaksanaan KKL tidak hanya fokus kepada pembelajaran, tetapi juga ada kegiatan refreshing.

Fathorrazi dan Herman selanjutnya menyampaikan terkait bagaimana sistem pelaksanaan KKL mulai dari pembagian kelompok, destinasi instansi yang akan dikunjungi, serta kerangka penyusunan laporan hasil KKL. Selebihnya untuk permasalahan teknis terkait pelaksanaan KKL dijelaskan oleh pihak travel.

Ketty Agatha Martini mahasiswa IE 2017 mengungkapkan kegiatan pembekalan KKL ini sudah cukup baik. “Yang disayangkan ialah waktunya yang terlalu mepet dengan pelaksanaan. Padahal kami butuh waktu untuk persiapan seperti mempersiapkan pembagian tugas laporan”, ujarnya. Mengkonfirmasi pernyataan Ketty, Ghifari menyatakan penetapan hari pelaksanaan pembekalan KKL berpatokan pada pelaksanaan tahun lalu dan telah disesuaikan dengan dua kegiatan sosialisasi sebelumnya. Ghifari juga menuturkan nantinya ia akan mengusahakan adanya evaluasi bersama pasca kegiatan KKL. [Ansita, Devidia, Yulita]

Yulita Ayu Trisnani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *