Si Jenius Menyulap Contekan Menjadi Pundi Uang

Oleh: Fivi Febriana

Judul                           : Bad Genius                          

Tanggal Rilis   : 23 Agustus 2017

Genre                          : Drama, aksi, kriminal

Durasi                          : 130 Menit

Negara                         : Thailand

Sutradara                     : Nattawut Poonpiriya

Thailand terkenal dengan film horor komedinya namun bukan berarti film nonhoror lainnya tidak menarik. Penulis sekaligus sutradara, Nattawut Poonpiriya berani mengangkat tema pendidikan yang diambil dari kisah nyata kasus kecurangan yang sempat menggemparkan Thailand. Film ini merupakan film Asia Tenggara pertama yang jadi pembuka dalam New York Asian Film Festival 2017. Bukan sembarang film, Bad Genius digadang-gadang sebagai film Thailand paling sukses sepanjang sejarah.

Lynn (Chutimon Chuengcharoensukying) seorang siswa pintar yang mengenyam pendidikan di sekolah bergengsi atas permintaan ayahnya, agar bisa kuliah di luar negeri. Kemudian ia bertemu Grace (Eisaya Hosuwan), siswi cantik yang payah dalam pelajaran. Rasa iba Lynn sebagai temannya membuat dia membantu Grace dengan menuliskan jawaban ujian di sebuah penghapus. Kejadian ini menuntun dirinya pada Pat (Teeradon Supapunpinyo), pacar Grace, dan Bank (Chanon Santinatornkul), siswa yang pintar namun miskin, untuk berkomplot dalam ujian internasional STIC dengan imbalan dan tentunya dengan risiko besar pula.

Aktivitas menyontek dalam sebuah ujian. Siapa sih, yang tidak pernah menyontek atau memberi contekan ? Menyontek baik memberi maupun menerima, udah bukan rahasia umum lagi. Hampir semua orang meskipun tidak secara terang-terangan. Kalau kamu berpikir bahwa film ini bisa menjadi rujukan bagaimana cara mencontek yang baik dan benar, segera buang jauh-jauh pikiran itu. Meskipun hampir seluruh adegan memperlihatkan trik-trik menyontek yang penuh totalitas, film ini justru akan menyadarkan kamu bahwa di mana pun kamu berada, kejujuran tetap yang terbaik.

*Penulis adalah anggota magang LPME ECPOSE 2019

Redaksi ECPOSE

Redaksi ECPOSE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *