KULIAH DONG DARLING

Kini berkuliah tidak perlu jalan menuju kampus, juga panas-panas menunggu bapak gojek untuk mengantar atau jemput. Tidak perlu lagi harus mandi untuk kuliah, begitupun yang dirasakan mahasiswa UJ.

Hal ini justru jadi moral hazard atau aji mumpung tersendiri bagi mahasiswa yang tetap bisa bermain game dikala diskusi online. Juga beberapa dosen yang tidak lagi memberi materi di perkuliahan dengan alasan tertentu. Kita memang di rumah saja dan virus mungkin sedang menggantikan kita yang biasanya berada di kampus, di perpustakaan, dan akses belajar lainnya. Namun apakah budaya belajar dan berdiskusi juga tidak lagi dapat kita rasakan?

Kuliah online ini dapat maksimal dengan masing-masing pihak yang bekerja sama. “Mahasiswa dengan membaca materi dan dosen sebagai penyelaras pemahaman materi mahasiswa. Berikan aturan dan etika chat e-learning yang disepakati, seperti yang dilakukan beberapa dosen. Agar semua mahasiswa aktif, fokus, dan sopan jika diskusi di chat room.” Ujar salah satu mahasiswa IESP UJ 2018, Hanik Nur Fadhila.
Devidia

Devidia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *