Sosok Srikandi Pemimpin Baru FEB

Illustrator: ECP/ Fivi

Secara umum terdapat asumsi bahwa laki-laki dapat menguasai segala bidang dan di sisi lain seorang perempuan mengalami keterbatasan gerakan dalam mengekspresikan diri dan keinginannya, seperti cita-cita untuk duduk di sebuah kepemimpinan yang secara umum banyak digeluti oleh seorang laki-laki. Ya, kontruksi masyarakat patriarki lah yang memberikan posisi perempuan berada di bawah laki-laki. Namun, asumsi tersebut di era saat ini ditepis telak oleh pembuktian hadirnya banyak para pemimpin perempuan di Indonesia. Perempuan dianggap memiliki sifat-sifat dasar untuk sukses sebagai pemimpin. Mereka cenderung lebih sabar, memiliki empati, dan multitasking (Fitriani, 2015). Kali ini, pembuktian keberanian dan kekuatan seorang perempuan hadir di tengah-tengah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (FEB UNEJ).

Bagaikan membuka lembaran baru. Ya, sebuah kiasan yang saat ini tepat untuk FEB UNEJ pada tahun 2020. Bak roda yang berputar, suatu periode kepemimpinan pun terus berjalan. Saat ini, FEB UNEJ tengah menemui orang tua barunya yaitu Prof.Dr.Isti Fadah, M.Si yang telah dilantik sebagai Dekan baru FEB UNEJ periode 2020-2024, menggantikan Dr. Muhammad Miqdad, S.E, M.M, AK.CA. sebagai Dekan yang telah menjabat pada periode 2016-2020.

Perempuan kelahiran Jember 20 Oktober 1966 ini membawa motivasi dalam kepemimpinannya, “Ibu ingin berguna bagi orang banyak. Menurut islam orang yang paling baik adalah orang yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” ujarnya ketika diwawancarai via Zoom pada 30/10/20. Dilantiknya Isti Fadah, membawa suasana kepemimpinan Dekan perempuan kini dirasakan kembali oleh masyarakat FEB UNEJ. Setelah jauh waktu sebelumya, pada masa kepemimpinan Sumiati sebagai Dekan.

Jika menelisik jejak dedikasi yang telah diberikan oleh beliau, Isti Fadah memiliki pengalaman cukup banyak di posisi sebagai pemimpin. “Alhamdulillah saya pernah mendapat amanah menjadi Sekretaris Program Studi D3 Manajemen Perusahaan, Ketua Program Studi D3 Manajemen Perusahaan, Ketua Jurusan Manajemen, kemudian menjadi Pembantu Dekan I”, ujar Isti Fadah.

Dalam masa kepemimpinannya ke depan, Isti Fadah mengaku akan menyoroti masalah kontruksi akhlak. Menurutnya akhlakul karimah adalah suatu kunci atau hal yang penting yang ada pada diri setiap manusia, dimana jika akhlaknya baik maka semuanya akan mengikuti baik pula. Menurutnya hal ini dibutuhkan pada mahasiswa, serta juga dosen. Jika ditelisik, hal ini telah dikemas dalam program kerjanya pada bidang Peningkatan Mutu Layanan, Peningkatan Ketakwaan Dosen dan Tendik melalui Training ESQ (Emotional dan Spiritual Question) yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Secara umum seorang perempuan tidak terlepas dari sifat mengayomi, hal tersebut seolah juga terdapat dalam diri seorang Isti Fadah. Motivasi yang dituturkan oleh beliau seakan memberikan gugahan semangat pada siapapun yang mendengarnya. “Jangan ragu untuk mencoba, kalau kita berdoa Inshaallah diberikan kemudahan oleh Allah SWT” tuturnya, seakan memberikan pesan kepada mahasiswa agar tidak ragu mencoba, bersemangat dalam berkarya, berprestasi, dan mengandalkan Tuhan serta kekuatan Do’a orang tua dalam setiap tindakan yang akan ditempuh. Seperti yang telah beliau terapkan selama menempuh masa pendidikannya, hingga saat ini.

Pada hakikatnya, umat muslim pada umumnya meyakini sebuah kata ‘Manjada Wajada’, hal tersebut juga diyakini dan diucapkan oleh Isti Fadah dimana menurut beliau jika kita bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasilnya. Serta jika ada kemauan pasti juga akan ada jalan. Dengan kesungguhan dan keyakinan kuat dalam hati yang terpancar dalam ekspresinya, Isti Fadah mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim dengan tekat yang kuat bisa membawa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UNEJ) lebih baik lagi, dan FEB  menjadi Fakultas yang diridhoi oleh Allah SWT” ucapnya ketika diwawancari via Zoom, oleh tim peliput LPME Ecpose 30/10/20.

Erlinda Rachmanita

Erlinda Rachmanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *