E-Voting Bermasalah, Pemira HMJIE Tetap Dijalankan

(01/10) Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (IE FEB), Universitas Jember (UNEJ) mengadakan koordinasi Pemilu Raya Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi (Pemira HMJIE) membahas permasalahan E-Voting bersama mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan (PSEP) serta mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (PSES). Pada pemira hari ini, voting untuk mahasiswa PSES tidak dapat dilakukan karena kesalahan teknis.

Mahasiswa PSES tidak dapat melakukan pemilihan suara melalui sistem informasi terpadu (SISTER UNEJ) pada Pemira hari ini akibat adanya missed communication. “Kesalahan terjadi karena saat pendaftaran pasangan calon (paslon) oleh Ketua Panitia ke bagian kemahasiswaan, operator mengira bahwa HMJIE terdiri dari PSEP dan tidak diprogramkan bagi PSES untuk E-Voting.” Tutur Mila Sahadati selaku Ketua Panitia KPUM IE dalam forum Zoom.

Sebagai solusi dari kesalahan teknis tersebut, KPUM IE memberikan dua opsi:

  1. Prodi EP melakukan E-Voting pada hari Minggu, 10 Januari 2021, jam 08.00 – 16.00 WIB. Kemudian, Prodi Eksyar melakukan E-Voting pada hari Senin, 11 Januari 2021, dengan jam yang sama.
  2. Prodi EP dan Eksyar melakukan E-Voting secara bersama-sama pada hari Senin, 11 Januari 2021, jam 08.00 – 16.00 WIB. Dengan syarat hasil E-Voting hari ini diakumulasi pada Senin 11 Januari.

Dari hal ini, Ketua KPUM mewakili paslon menyampaikan bahwa opsi kedua lebih diinginkan dengan pertimbangan 11 Januari merupakan hari efektif dan bertepat diselenggarakannya Ujian Akhir Semester (UAS). “Sehingga paslon mengkhawatirkan mahasiswa tidak memilih kembali.” Ujar Mila. Namun, hal tersebut dibantah forum dengan pertimbangan keamanan dan double counting suara.

 “Keputusan KPUM IE hari ini lebih prefer ke opsi pertama. Hal tersebut untuk menghindari adanya double perhitungan. Kita akan menjamin keamanan opsi pertama, dibuktikan dengan adanya berita acara pada PSEP dan PSES hari ini dan besok.” Jawab Mila Sahadati dalam forum Zoom.

Namun, pada nyatanya hingga peserta out from zoom tidak ada keputusan yang pasti mengenai teknis Pemira HMJIE tersebut. Kendati demikian, E-voting tetap dilaksanakan tanpa adanya keputusan jelas dan tertulis. [Erlinda, Dzakiyyah]

Erlinda Rachmanita

Erlinda Rachmanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *