Tentang Kami

Tentang Kami

Lembaga Pers Mahasiswa Ekonomi ECPOSE (LPME ECPOSE) mempunyai visi menciptakan iklim sivitas akedemika yang aspiratif, kritis, dan kreatif, khususnya mahasiswa, dengan kualitas penalaran dan kepekaan serta kepedulian terhadap dinamika perkembangan masyarakat.

Pengurus LPME ECPOSE terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Umum, dan Bendahara Umum.  Bidang penerbitan dikoordinatori oleh Pimpinan Redaksi dan dua Redaktur Pelaksana.  Untuk bidang penelitian dan pengembangan (Litbang) dikoordinatori oleh Pimpinan Litbang, dengan dua staf masing-masing di Bidang Riset dan Dokumentasi Data, serta Bidang Pengkaderan.

Sebagai suatu organisasi yang bergerak dalam bidang jurnaistik, menjadi sebuah keharusan untuk selalu bergumul dengan kegiatan penerbitan media massa. LPME ECPOSE sampai saat ini telah memiliki 5 media massa, yaitu Majalah “ECPOSE”, Buletin Demokrasi Ecpose “Buldokc”, Mading Republik Sastra “Rasta”, Pers Tempel “Pretel”, dan Ecpose Online, seperti yang Anda kunjungi sekarang.  Dengan perwajahan yang unik khas pers mahasiswa, kelima media tersebut mempunyai visi dan arah khusus dalam mengusung tradisi jurnalisme yang integral dan diabdikan sepenuhnya untuk kepentingan rakyat, khususnya pada upaya penciptaan demokratisasi kampus.

Berdiri sejak 1989, kami mencoba eksis dengan berbagai inovasi. Hasil kerja keras di kancah regional dan nasional, berhasil membawa kami menjadi salah satu barometer pers mahasiswa di Jember dan Jawa Timur. Dikelola oleh pekerja media yang tangguh sebagai hasil seleksi yang ketat dan kerja teruji, produk-produk terbitan kami mempunyai nilai plus di mata pembaca. Hingga kini, produk-produk terbitan kami tersebut selalu berupaya memperluas wilayah distribusinya. Selain menjadi konsumsi sivitas akademika Universitas Jember, produk terbitan kami juga didistribusikan ke Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) se-Indonesia, mulai dari Medan hingga Ujung Pandang, penerbit-penerbit buku, kelompok studi di berbagai kota, dan jaringan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi non Pemerintah (Ornop) se-Indonesia.

Selain kerja di bidang penerbitan, kami juga bergerak di bidang penelitian, terutama penelitian di bidang ekonomi. Penelitian kami lebih banyak memotret kehidupan kaum marjinal sebagai upaya penguatan kelompok marjinal di era neoliberalisme saat ini. Kami juga terlibat aktif dalam forum nasional Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) dan aktif mengikuti even-even antar-pers mahasiswa dan pelatihan di berbagai kota di Indonesia.

Kesemuanya itu menjadi bukti eksistensi dan kepedulian kami demi terwujudnya kehidupan intelektual yang lebih berpihak pada rakyat, melalui penciptaan intelektual muda yang militan, tangguh, dan asketis di bidangnya.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *